Pengetahuan Tentang Musik

Diposting oleh Suryono on Sabtu, 08 Juni 2013

beberapa orang menyebutkan musik yaitu sisi dari hidupnya, apakah benar ? jawabannya barangkali ada dibenak anda tiap-tiap. type musik yang bermacam bisa merubah jalur hidup seseorang, terhitung saya sendiri. banyaknya pilihan type musik saat ini ini bikin warna indah untuk kehidupan kita. namun taukah anda sejak dalam kandunganpun kita sudah disuguhi alunan nada-nada indah tersebut ? berikut saya dapat sedikit berikan informasi dari hasil penjelajahan saya.

suara pertama yang kita dengar di dalam rahim yakni detak jantung ibu kita. tiap-tiap musik mempunyai elemen basic, yakni pitch ( frekuensi nada ), tempo, timbre ( warna nada ) serta dinamika. denyut jantung ibu merupakan stimulus musik pertama yang didengar oleh janin. dikarenakan itu, musik yang diperdengarkan untuk tujuan spesifik mesti dibikin menurut keperluan per individu.

biasanya, kehamilan memiliki dampak pada metabolisme, endokrin dan sistem kardiovaskuler ibu serta janin. kehamilan bukan sekedar mengakibatkan pergantian pada pelvis serta abdomen ibu hamil namun juga seluruh sisi tubuh. untuk janin, keseimbangan hormonal serta metabolisme dapat merubah perkembangan beberapa sel. beberapa sel ini baiknya di stimulasi sejak awal supaya bisa tumbuh serta berkembang dengan maksimal.

pentingnya stimulus, terutama musik, dapat menyeimbangkan iq serta eq sang janin, apalagi punya pengaruh besar pada kehidupannya kelak. keseimbangan ini tampak pada manfaat otak kana serta otak kiri manusia. otak kiri terkait dengan kekuatan bicara, mengingat dengan tata bhs, berfikir dengan sistematis, mengendalikan emosi, memandang hidup dengan serius, bekerja dengan fakta, kekuatan menganalisa berfikir logis, tugas-tugas praktis, aktivitas terpola, daya ingat ( nama, waktu, momen ) serta organisasi.

sesaat otak kanan terkait dengan, perubahan artistic/kreatif, perasaan, menyebutkan emosi, irama musik, memandang hidup dengan enjoy, bikin sintesa, imajinasi, lamunan, berfikir dengan global serta intuitif, tugas-tugas abstrak, improvisasi, aktivitas terbuka, pengenalan diri serta orang lain, sosialisasi serta perubahan kepribadian.

ada sebagian penelitian yang tunjukkan pengaruh musik pada kehamilan, diantaranya :

1. tahun 1962, dr. lee salk menunjukkan bahwa janin sadar dapat detak jantung ibunya.
2. tahun 1991, janet caine dari florida melaporkan penelitian pada 52 bayi premature serta bayi baru lahir yang bobot lahirnya rendah perihal dampak music vocal sepanjang 60 menit, terhitung nina bobo serta lagu anak-anak, sudah kurangi masa tinggal di tempat tinggal sakit rata-rata 5 hari. tingkat kehilangan bobot pada grup bai yang mendengarkan musik rata-rata 50% lebih rendah, konsumsi susu formula lalu menyusut, serta tingkat stresnya alami penurunan.
3. tahun 1992, shahidullah serta hepper lakukan penelitian memperdengarkan suara murni 250-500hz pada 400 janin yang berumur 16 minggu dalam kandungan. akhirnya tunjukkan signifikansi kekuatan mendengar bayi nyatanya 8 minggu lebih cepat dari pada perubahan prima indra pendengaran pada minggu ke-24.
ada sebagian penjelasan perihal pengaruh musik pada ibu hamil sepanjang kehamilan. bunyi-bunyi frekuensi tinggi ( 3000hz atau lebih ) dapat merubah manfaat-fungsi kognitif layaknya berpikir, persepsi spasial, serta ingatan. bunyi-bunyi frekuensi tengah ( 750-3000hz ) condong merangsang jantung, paru-paru serta emosi. bunyi-bunyi rendah ( 125-750hz ) dapat merubah gerakan fisik.

waktu mendengarkan musik, otak mengolah apa yang didengar, detak jantung condong ikuti atau sinkron dengan kecepatan music yang satuannya bit permenit. waktu mendengar music dengan tempo yang rendah, missal 55 – 70 bpm, detak jantung dapat melambat serta tubuh dapat jadi relaks. situasi relaks ini dapat membuat lancar sirkulasi darah ibu serta janin melewati plasenta. denyut jantung janin dapat ikuti sinkronasi dengan denyut jantung ibu sebagai sumber music pertama yang janin dengar dalam kandungan. keseimbangan ini mesti dijaga dari stress, baik fisik ataupun psikis, supaya janin tidak alami masalah perkembangan sepanjang dalam uterus serta penyulit untuk ibu hamil sepanjang kehamilan sampai persalinan untuk ibu.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar