. tunjukkan pemahaman rencana, fakta, metodologi, arti, serta langkah mempresentasikan data saintifik dengan langkah :
menjelaskan satu arti saintifik dengan tepat
menggambar satu diagram
mengurutkan satu momen saintifik
mengukur satu material
mengatakan satu arti saintifik
2. mengaplikasikan serta menggunakan fakta, rencana, metodologi, arti saintifik untuk berkomunikasi dengan efisien, metodologi yang sesuai untuk mempresentasikan informasi saintifik dengan langkah :
berikan info singkat pada satu diagram atau grafik
mengapliksikan teori, persamaan serta prinsip-prinsip basic pada kondisi yang baru
menggunakan teknik matematika untuk menjawab satu pertanyaan
memperbandingkan persamaan serta perbedaan dari satu benda atau situasi
berikan informasi dengan detail
menjelaskan perbedaan pada dua atau lebih benda atau situasi
menaksir satu nilai yang tidak diketahui menurut informasi yang didapatkan serta latar belakang teori
berikan jawaban menurut beragam jenis pilihan kondisi atau situasi
menjelaskan dengan singkat
3. menyusun, menganalisa, serta mengevaluasi hipotesa, metodologi, serta penjelasan saintifik dengan langkah :
menginterpretasikan data untuk meraih satu kesimpulan
bikin satu grafik
bikin satu rangkuman menurut informasi yang didapatkan
merekayasa persamaan matematika untuk membuahkan persamaan yang baru
bikin gagasan eksperimen atau jenis saintifik
memastikan jawaban yang benar
berikan argument atau alternative hipotesa
menganalisa implikasi serta kekurangan satu eksperimen
berikan penjelasan dengan detil, yang terhitung sebab-akibat serta mekanisme satu situasi
memprediksi hasil satu eksperimen
menjawab pertanyaan gunakan teknik aljabar serta angka
tawarkan satu hipotesa atau kemungkinan lain
4. kolaborasi : bisa bekerja bersama dengan orang lain
menghormati pendapat kawan
bisa berikan panduan apabila diperlukan
mengemukakan pendapat dengan sopan
sabar
akan terima perbedaan pendapat
ditambah dengan :
mendiskusikan serta mengkaji data dari jurnal penelitian atau informasi yang lain mengenai isu-isu global yang terkait dengan biologi
mengkomunikasikan hasil penelitian atau proyek.
kiat pembelajaran
kiat evaluasi biologi di sma didasarkan pada pengembangan konsep-konsep basic dibawah ini, yakni :
a. evaluasi yang menyeluruh
implikasi dari rencana “pembelajaran yang menyeluruh” yaitu beberapa guru sains diinginkan untuk :
bisa bekerja bersama dengan sesama guru, baik di bidang sains ataupun dari bidang lainnya
berikan peluang mengintegrasikan tema yang diajarkan dalam semua cabang sains dengan mata pelajaran lainnya
berikan peluang pada peserta didik agar bisa menghormati kontribusi yang sudah didapatkan dari sains pada kehidupan serta kualitas hidup manusia
b. kesadaran interkultural
sains berikan kontribusi dalam pengembangan kesadaran interkultural memberikan peluang pada peserta didik untuk mengeksplorasi isu-isu sains, baik lokal ataupun global.
memberi peluang peserta didik untuk mengekplorasi topik-topik dengan kritis, melewati perspektif global serta multikultural, diinginkan bisa menumbuhkan rasa toleransi, saling menghormati, serta empati.
disamping itu, peserta didik juga mendapatkan peluang untuk merefleksikan peran serta tanggung jawab mereka pada lingkungan mereka serta dunia.
c. komunikasi
sains fokus pada pentingnya pengembangan kekuatan untuk mengerti serta mengkomunikasikan pemikiran-pemikiran saintifik dengan efisien.
untuk mengembangkan kekuatan berkomunikasi, peserta didik mesti diberikan peluang untuk membaca, menulis, serta mendiskusikan masalah-masalah yang terkait dengan sains.
peserta didik mesti diberi peluang untuk menggunakan berbagai macam langkah/metode komunikasi, yakni dengan oral atau tertulis, dengan visual, lambang matematika serta multimedia
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar